Monday, December 12, 2011

,

Percakapan Ayah, Ibu dan Putrinya


Minggu, 11 desember 2011 pukul 14:37

Siang menjelang sore itu saat saya sedang santai sedang menyelesaikan bacaan novel 9 summers 10 autums tiba-tiba ada telpon masuk dari nomer adik aku, si icha, waktu aku angkat ternyata ada suara ibuku di ujung telpon. Ya tidak lain tidak bukan ibu aku ingin menanggapi sms saya tempo hari perihal keinginan ku untuk pergi kursus bahasa inggris ke kota pare pada liburan semester mendatang.

Ibu : “halo ade apa kabar ada sehat?”

Aku : “sehat mak”

Ibu: “ada diminum obatnya? Udah ke dokter?” (pertanyaan ini selalu muncul di setiap percakapan telpon)

Aku :”ada, udah sembuh ngapain ke dokter lagi”

Ibu:” ya tapi harus check up juga jangan langsung lepas, biar penyakitnya cepat sembuh”

Aku: “ iyaaaaa”

Ibu :” mau kemana ade rupany? Dimana itu kursusnya? Jauh gak dari bandung?

Aku :” iya mak di kampong inggris, di jawa tengah, disitu emang kursus untuk mahasiswa seluruh Indonesia yang ingin belajar bahasa inggris, bagus juga sistemnya dapet sertifikat lagi”. ucapku berusaha meyakinkan.

Ibu :” kok jauh kali ke jawa timur sana? Sama siapa perginya itu? Udahlah pulang aja ade lebih bagus”.

Aku :”iya tapi aman kok, kapan lagi coba ade kesana, kalo gak sekarang? Ntar kan mau magang lagi”

Ibu: “ya emang di bandung gak ada? Berapa itu biayanya?”.

Aku : “ada tapi ya gak focus kayak disana, kalo disana kan bias tiap hari selama sebulan itu. Biayanya hampir 2 jutaan lah sebulan itu udah lengkap, ntar mamak tambahin 500rbu aja, kurangnya pake duit bulanan sama duit tabungan ade aja”.

Ibu :”kok gak yakin mamak ade kesana, ntar sakit lagi, udah cewek ntar disana ada apa-apa, kalo gak coba Tanya sama ayah dulu”

Telpon dipindahtangankan ke ayah

Ayah : “haloo adee, apa kabar? Ada sehat?” (pertanyaan yang sama seperti di atas)

Aku :”sehat yahh”

Ayah :”udah gak ada mimisan lagi? Obatnya jangan lupa dimakan”

Aku :”iya yaaaaaaaaaaahhh, udah sembuh kokkk”

Ayah :”mau kemana ade kata mamak mau kursus bahasa inggris dimana itu? Berapa jauh dari bandung?”

Aku :”iya yahh, kira-kira kayak dari medan ke aceh yah jaraknya”

Ayah :”hahh? Jauh juga itu, ngapain aja itu disana? Mending pulang aja ade, kursus di padang atau bukittinggi aja, gimana? Atau di bandung gak ada rupanya?”

Aku :”yaaaaaaahhh, ada sih tapi ya gak bisa intensive, sekalian ngisi liburan yahh, bosan kan disini terus”

Ayah :”ya daripada ntar ade disana kenapa-kenapa, kan belum tau daerah nya, cewek lagi, ayah takut ntar ada apa-apa”

Aku :”…………” (diam seribu bahasa)

Ayah :”gimana de? Atau coba pikir-pikir dulu aja mana baiknya”

Aku :”iyaaa”

Dan percakapan beralih ke topic lain, entah kenapa aku selalu gak bisa meyakinkan orang tuaku kalo aku bisa jaga diri kemana pun aku pergi. Entah sampe kapan aku selalu dikekang kalau mau pergi kemana pun walaupun udah kuliah jauh-jauh gini tapi tetap aja gak dipercaya.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak anda :)